Tips Agar Parfum yang Kamu Pakai Bisa Tahan Lama

agar parfum tahan lama

Selain mandi, memakai parfum merupakan salah satu cara untuk mengantisipasi bau badan yang kurang sedap. Tapi, memakai parfum juga nggak menjamin masalah bau badanmu teratasi begitu saja. Kenapa? Akan menjadi masalah jika kamu tidak memakainya dengan cara yang tepat. Lantas, bagaimana cara yang benar agar parfum yang kamu pakai bisa tahan lama menempel di tubuhmu? Simak beberapa tipsnya berikut ini, yuk!

1. Pakai body lotion terlebih dahulu

Setelah mandi, kulitmu akan terasa lebih kering. Padahal ketahanan parfum akan lebih baik jika disemprotkan ke kulit yang lembab. Nah, untuk mengembalikan kelembapan kulit, oleskan body lotion ke tubuhmu. Pilihlah aroma body lotion yang sesuai dengan aroma parfummu. Kalau tidak ada, kamu bisa memilih aroma yang netral. Oya, memakai body lotion ini dilakukan sebelum kamu menyemprotkan parfum, ya, karena kalau dilakukan sesudahnya, parfum yang telah menempel di tubuhmu akan tergosok-gosok. Menggosok bagian kulit yang terkena parfum akan membuat wanginya cepat hilang.

2. Pakai eau de perfume

Di antara jenis parfum yang lain, yaitu eau de toilette dan eau de cologne, jenis eau de perfume adalah yang paling disarankan jika kamu ingin mendapatkan wangi yang tahan lama. Jenis eau de perfume ini memiliki kandungan konsentrat parfum yang lebih tinggi, yaitu antara 8 hingga 16 persen.

3. Hindari menyemprotkan parfum terlalu dekat

Untuk mendapatkan wangi tahan lama, semprotkanlah parfum dalam jarak antara 15-25 cm. Dengan jarak yang tak terlalu dekat ini akan membuat sebaran parfum menjadi lebih luas dan lebih merata. Kalau selama ini kamu masih menyemprotkannya dalam jarak dekat, ketahuilah kalau cara ini salah dan wajar saja kalau aroma parfummu jadi gampang banget pudar.

Baca Juga :  Tutorial jilbab segi empat yang simpel untuk pemula

4. Semprotkan parfum di titik nadi

Bagian mana sih yang disebut titik nadi? Kenapa harus menyemprotkan parfum di titik nadi? Jadi, yang dimaksud dengan titik nadi adalah bagian dari kulit tubuh yang mudah menghasilkan panas, seperti area belakang telinga, pergelangan tangan, area di antara payudara, dan lipatan siku atau lutut. Menyemprotkan di titik-titik nadi tersebut membuat parfum lebih mudah menyebar ke seluruh tubuh dan wanginya akan lebih tahan lama.

5. Semprotkan lebih dari satu kali

Kalau kamu adalah tipikal orang yang selalu sibuk dengan aktivitas sehari-hari, selalu bawa parfum di dalam tasmu. Setidaknya, semprotkanlah parfum dua hingga tiga kali sehari untuk menangkal bau badan tak sedap yang bisa datang sewaktu-waktu.

6. Jangan semprot di pakaian

Salah satu kesalahan orang-orang dalam memakai parfum adalah dengan menyemprotkannya di pakaian. Padahal, cara ini tidak membuat wangi parfum bertahan lama. Yang ada justru aroma parfum akan bercampur dengan aroma keringatmu. Nantinya, kedua aroma itu akan bersatu dan menghasilkan bau yang aneh.

7. Perhatikan penyimpanannya

Jika ingin wangi parfummu tidak cepat hilang, perhatikanlah cara penyimpanannya yang benar. Jika ditaruh di tempat yang terkena sinar matahari secara langsung atau dekat dengan benda-benda berbau tajam, molekul-molekul kecil yang tak terlihat oleh mata bisa saja menguap dan hilang, sehingga wangi parfum pun bisa pudar. Tempat penyimpanan parfum yang benar adalah di meja riasmu atau di lemari kaca yang sejuk supaya wangi dari parfummu tetap tahan lama. Menyimpannya dengan benar akan membuatmu tak perlu sering-sering beli parfum lagi.

Author: Zulfian Prasetyo